Panduan Doa Malam Katolik Disertai dengan Contohnya

Dalam satu hari penuh, adakalanya kita memerlukan waktu sendiri dan merenungkan segala hal yang terjadi di dalam kehidupan kita. Kita memerlukan waktu untuk bersujud syukur, mensyukuri segala berkat dan anugerah yang kita peroleh. Semuanya bisa kita sampaikan melalui doa di malam hari.

Panduan Doa Malam Katolik Disertai dengan Contohnya


Memang menjadi kebiasaan orang Katolik berdoa di malam hari, terlebih diwaktu sebelum tidur. Disaat semuanya hening, kita bisa dengan tenang memeriksa batin kita. Mengakui dosa kita dan mendaraskan doa syukur dan permohonan-permohonan kita kepada Tuhan Yesus Kristus.

Selain berdoa untuk diri sendiri, hendaknya kita juga mendoakan orang tua kita, orang-orang yang kita kasihi, dan juga bagi mereka yang saat ini sedang mengalami duka cita yang sangat memerlukan pertolongan Tuhan. Kita juga bisa berdoa untuk keutuhan Gereja Katolik, semoga Gereja mampu menjadi wadah bagi kita dalam memelihara iman Kristiani, serta mampu berkembang sesuai dengan tantangan jaman.

Berikut ini contoh doa malam Katolik, khusus untuk anda : 

                         Panduan Doa Malam Katolik Disertai dengan Contohnya


Doa Malam Katolik 1

Bapa yang bertahta di kerajaan sorga. Aku bersujud di hadapanmu, seraya mengucapkan puji syukur, terimakasih atas segala berkat yang Engkau berikan di sepanjang hari ini. Segala pemberian terbaik bagiku dan anugerah sempurna hanya berasal dari kemurahan hatiMu. 

Ampunilah kami jika selama ini kami hanya mengandalkan kemampuan diri kami tanpa serta mengandalkanMu dan juga seringkali melupakan penyertaanMu dalam  hidup kami. Roh kudus pimpinlah hidup kami. Mulai hari ini kami mau selalu mengandalkan Engkau dalam setiap pergumulan hidup yang kami alami. Sekarang kami mau, hanya dengan bersamaMu Tuhan, ada kekuatan, ada pertolongan, dan kemenangan yang sesungguhnya dan sempurna.     

Kami juga meminta berkat dan penyertaanMu, terutama di malam hari ini kami ingin mengistirahatkan badan kami. Jagalah kami dan orang-orang yang kami sayangi. Kiranya kami bisa  mengistirahatkan badan kami dan besok dapat bangun dalam keadaan sehat. Doa ini kami mohon dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin



Doa Malam Katolik 2

Selamat malam Tuhan Yesus Kristus. Di malam hari ini, aku berdoa kepadaMu. Aku hendak bersyukur atas segala hal yang telah aku lalui hari ini. Persoalan-persoalan silih berganti. Kesulitan-kesulitan satu demi satu telah aku lewati. Itu semua tak akan bisa terjadi jika tanpa bantuan dan uluran tanganMu.

Tuhan, seringkali aku ragu akan kemampuan diriku ini. Seringkali aku tidak percaya akan diriku sendiri. Tapi yang aku yakini adalah, Engkau selalu menemani, menyertai, dan selalu ada disaatku membutuhkanMu. 

Aku percaya bahwa semua yang terjadi dalam diriku adalah rancanganMu. Dan aku percaya bahwa semua apa yang Kau perbuat dalam hidupku adalah anugerah bagiku. Aku bersyukur untuk semua yang aku alami ini. Berilah aku kekuatan, berilah aku iman yang teguh. Dan sertailah aku sampai dengan akhir jaman. Amin



Doa Malam Katolik 3

Bapa Surgawi. Engkaulah sumber kekuatanku, sumber pengharapanku dan sumber kesembuhan dan sumber sukacita. Malam ini kuucapkan syukur atas segala limpahan rahmat dan berkat yang tidak penah berkesudahan di dalam hidupku ini. Bila hari ini aku bisa melakukan segala aktifitasku, semua berkat penyertaan dan kemurahanMu. Curahkan kedamaian dalam tidurku dan ketenangan dalam pikiranku. Agar esok hari apabila Engkau berkenan aku bisa bangun dalam keadaan tubuh yang sehat. Inilah doa dan ucapan syukurku . Yang aku tahu, Engkau mendengar dan memegang semuanya dan menjawabnya dalam waktumu yang indah. Demi Kristus Tuhan kami. Amin       



Doa Malam Katolik 4

Tuhan yang maha kasih. Di kesempatan kali ini, ijinkanlah kami anak-anakMu mengucap syukur atas segala berkat yang boleh kami terima di sepanjang hari ini. Terimakasih atas semua yang terjadi dalam hidupku. Aku tahu bahwa setiap hari adalah anugerahMu. Ajarilah lagi, agar kami selalu mengandalkanMu dalam hidup ini. Supaya apapun masalah, ujian yang akan dating menjadikanku lebih kuat menjalaninya bersamaMu. 

Sebentar lagi, aku akan mengistirahatkan badan ini. Kiranya Engkau selalu menjagaku, menjaga orang-orang yang aku kasihi. Agar besok bangun dalam keadaan sehat untuk bisa memuliakan namaMu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.



Itulah beberapa contoh doa malam agama katolik yang bisa kita lakukan terutama sebelum tidur. Jangan lupa untuk tetap mengakiri setiap doa dengan doa yang diajarkan Tuhan Yesus Kristus sendiri yakni doa Bapa kami, serta memohon pertolongan Bunda Maria, Bunda penolong abadi melalui doa salam Maria. Tuhan memberkati.   

Belum ada Komentar untuk "Panduan Doa Malam Katolik Disertai dengan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel