Skip to main content
×

Mengaktifkan kembali nomor indosat yang hangus dan terblokir tidak semudah yang dibayangkan

Apa yang anda pikirkan ketika nomor HP yang sudah lama anda pakai tiba-tiba tidak bisa digunakan, tidak bisa menerima sms, whassap dan yang paling parah, di HP anda tidak muncul sinyal di bagian layarnya. Tentunya banyak dugaan yang seringkali muncul terkait hal tersebut. Mungkin HP tersebut rusak, atau mungkin sim card kita yang eror serta banyak dugaan lainnya.

Mengaktifkan kembali nomor indosat yang hangus dan terblokir


Kejadian tersebut pernah saya alami sebelumnya. Dimana HP yang seringkali saya gunakan, tiba-tiba tidak bisa menerima pesan melalui aplikasi whassap maupun melalui telegram. Pikir saya waktu itu mungkin hal tersebut disebabkan karena simcard IM3 saya bergeser atau jaringan yang sedang eror. ( Di hari itu saya tidak sengaja menjatuhkannya dari atas meja ruang tamu )  Setelah mengecek bahwa simcard saya baik-baik saja dan diposisi yang benar serta setelah menunggu beberapa saat, sinyal juga tidak kunjung muncul. Barulah saya sadar bahwa nomor indosat saya hangus karena melebihi masa tenggang.

Nomor IM3 yang hangus adalah nomor pertama saya 

Nomor indosat yang saya gunakan kebetulan adalah nomor IM3 lama. Saya beli waktu itu tahun 2005 bertepatan saat saya memiliki HP untuk yang pertama kali serta itulah nomor pertama saya. Memang nomor itu jarang sekali saya gunakan, karena saat ini saya tidak pernah menggunakan layanan SMS atau telpon serta menggunakan provider lain untuk keperluan paket data dan layanan internet. Jadi praktis, keberadaan nomor indosat tersebut seringkali saya lupakan. Hanya saja, terkadang saya ingat untuk mengisi pulsa setiap kali saya mengisi paketan internet, namun pada akhirnya saya jarang mengisi pulsa kartu tersebut. Akibat lama tidak dipakai untuk telfon atau sms, pulsa di kartu tersebut juga semakin lama semakin banyak, terakumulasi karena jarang sekali saya gunakan.

Saya memilih menggunakan provider lain untuk layanan internet semata-mata karena sinyal indosat di tempat saya kurang begitu bagus. Maklum tinggal di daerah Klaten pedesaan, untuk bisa menikmati layanan internet supercepat saya harus menggunakan provider simpati yang harganya jauh lebih mahal. Andai kata layanan internet indosat di tempat saya cukup bagus, tentu saya akan setia menggunakan indosat, yakni kartu IM3 lama saya, karena saya tidak perlu repot-repot memikirkan kebutuhan pulsa 2 provider sekaligus dalam satu handphone.

Bertanya ke Griya Indosat Klaten  

Karena saya sudah cukup lama menggunakan kartu indosat tersebut, saya rasa sangat disayangkan apabila saya harus kehilangan nomor itu. Selain mudah diingat, nomor IM3 saya juga sudah tersimpan di kontak keluarga dan teman-teman saya, serta saya seringkali mencantumkan nomor tersebut untuk beberapa keperluan, seperti asuransi, nomor untuk verifikasi untuk akun gmail serta untuk beberapa keperluan penting lainnya. 

Tidak ingin repot - repot harus berganti nomor baru, saya berminat untuk mengaktifkan kembali nomor indosat saya yang hangus. Saya pernah mempunyai teman kerja yang memiliki pengalaman serupa dengan saya, dimana dia bisa mengaktifkan kembali nomor hp yang hangus dengan meminta bantuan di griya indosat terdekat. Kebetulan di daerah tempat tinggal saya yakni di daerah Klaten terdapat griya indosat yang berada di Jalan Pemuda Tengah no 18 Bareng Klaten.

Singkat cerita keesokan harinya saya mengunjungi griya indosat yang dimaksudkan. Setelah menunggu antrian yang cukup panjang, hampir 1 jam lamanya, akhirnya giliran saya dipanggil oleh Costumer Servise. Saya mengutarakan maksud saya, Costumer Servise yang saat itu berjumlah 2 orang kemudian mengecek nomor saya melalui komputer, dengan maksud untuk mengetahui apakah simcard saya benar-benar hangus melebihi masa tenggang atau mengalami kerusakan. Dari data yang ada didapati bahwa kartu simcard saya sudah melebihi batas masa tenggang sehingga kartu itu dinonaktifkan oleh pihak indosat.    

Saya kemudian bertanya kepada Costumer Servise, apakah kartu indosat yang sudah hangus karena melebihi masa tenggang bisa diaktifkan kembali ? Pihak Costumer Cervise mengatakan bahwa tidak semua kartu indosat yang hangus karena melewati masa tenggang bisa diaktifkan kembali. Ada beberapa nomor yang tidak bisa diaktifkan terutama nomor yang tergolong baru meskipun kita sudah melengkapi syarat-syarat yang diperlukan. Kita bisa mengetahuinya tentu saja dengan bantuan pihak Costumer Servise. Setelah di cek di database ternyata nomor saya bisa diaktifkan kembali. 

Namun pada saat itu saya belum bisa mengaktifkan kembali nomor indosat saya yang hangus karena saya tidak bisa menunjukkan kartu identitas yakni KTP saya. Hal itu dikarenakan, saat itu saya meninggalkan KTP saya di perpustakaan Kota Yogyakarta sebagai persyaratan meminjam buku untuk saya bawa pulang. Dari pihak Costumer Servise, sebenarnya kita tidak harus menunjukkan KTP asli, melainkan fotocopy KTP juga bisa digunakan. Adapun syarat lain yang diperlukan adalah : simcard lama yang sudah aktif harus kita bawa jika kita ingin kembali mengaktifkan kembali kartu indosat kita. 

Syarat dan ketentuan penggantian / pengaktifan kembali kartu indosat yang rusak adalah :

Kartu 4G, kartu rusak, dan simcard yang hilang :
  1. Membawa KTP pemilik simcard
  2. Membawa simcard yang akan diganti
  3. Bila diwakilkan diwajibkan menyertakan surat kuasa penggantian simcard dengan tanda tangan di atas materai Rp. 6000; 


Kartu Hangus : 

  1. Harus sudah teregistrasi atas nama sendiri
  2. Membawa KTP asli dan Kartu Keluarga
  3. Membawa simcard yang sudah hangus
  4. Tidak dapat diwakilkan
  5. Maksimal pengurusan 3 bulan setelah hangus dan selama masih tercatat di sistem 

Selain persyaratan di atas, ada satu ketentuan lainnya yang wajib pembaca ketahui. Setelah kartu indosat berhasil diaktifkan, 3 sampai 4 bulan pertama, pemilik kartu harus mengikuti program pasca bayar. Baru setelah minimal 3 bulan, kartu indosat milik anda bisa dirubah menjadi prabayar seperti kartu indosat pada umumnya. Untuk program pasca bayar sendiri pihak indosat mempersyaratkan penggunaan sebesar kurang lebih 100 ribu yang bisa dibayarkan di beberapa tempat seperti indomaret atau di griya indosat itu sendiri. Proses untuk merubah kartu indosat dari pasca bayar ke prabayar, anda juga diwajibkan kembali ke kantor indosat terdekat.

Bagaimana sobat pembaca sekalian? Apakah anda ingin kembali mengaktifkan kartu indosat anda yang sudah hangus, terblokir atau mungkin kartu itu hilang? Jika iya, saya sudah memberikan sedikit gambaran. Untuk syarat dan ketentuan administratif saya rasa mungkin itu tidak terlalu susah dan merepotkan. Namun adanya ketentuan untuk mengikuti program pasca bayar, tentu saja hal itu akan sedikit memberatkan konsumen. Terutama bagi konsumen yang masih pelajar yang notabene masih minta uang dari orang tua dan yang setia menggunakan layanan dari indosat. Harapan saya sebagai pengguna provider indosat yang sudah hampir 15 tahun lamanya. Syarat dan ketentuan untuk mengurus kartu indosat yang hangus, terblokir ataupun hilang lebih dipermudah lagi. Karena kita masih ingin menggunakan layanan dari indosat, seharusnya pihak indosat memberikan sedikit kemudahan kepada pelanggan setianya. Bagaimana tanggapan anda ???  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar